ANALISIS PENCAPAIAN PROGRAM POSYANDU DI KELURAHAN MUKTIHARJO KIDUL KECAMATAN PEDURUNGAN
Bentuk Partisipasi
- Perorangan dan keluarga :
- Kehadiran ibu pada kegiatan posyandu.
- Keinginan secara aktif melakukan penimbangan dan memantau status kesehatan balita.
- Masyarakat umum :
- Berpartisipasi aktif mengikuti penyuluhan kesehatan oleh petugas kesehatan dan kader.
- Berperan aktif dalam program kesehatan pemerintah seperti pemberian suplemen vitamin A, PIN dll.
- Masyarakat penyelenggara upaya kesehatan :
- Berperan aktif mau menyelenggarakan ditempat yang sudah ditentukan untuk kegiatan posyandu.
- Profesi kesehatan :
- Keinginan aktif untuk ikut memberikan penyuluhan atau konseling kesehatan serta mau melakukan program kesehatan pemerintah seperti pemberian suplemen vitamin A, PIN dll.
Faktor Pendorong
- Faktor di masyarakat :
- Semangat gotong royong untuk dapat menyelenggarakan dan mengikuti kegiatan posyandu.
- Adanya motivasi meningkatkan pengetahuan tentang gizi dan kesehatan.
- Adanya motivasi untuk hidup sehat dan pemantauan gizi secara berkala.
- Adanya motivasi untuk sehat dan pemantauan gizi secara berkala.
- Mendapatkan suplementasi dan PMT gratis.
- Faktor di provider :
- Kesadaran dan keinginan untuk ingin sehat dan mencapai status kesehatan yang optimal.
- Keterbatasan sumber daya provider.
Faktor Penghambat
- Faktor di masyarakat :
- Perbedan persepsi akan manfaat kegiatan di posyandu, manfaat penimbangan bagi anak dan kurangnya pengetahuan tentang manfaat pemantauan satus gizi.
- Masyarakat heterogen, maka sosial budaya berbeda
- Pengalaman pahit program sebelumnya
- Kesenjangan sosial
- Kemiskinan seperti rasa malu untuk datang ke posyandu karena mempunyai anak kurang gizi.
- Kurangnya partisipasi dalam lingkungan rumah tangga seperti menyelesaikan pekerjaan yang dianggapnya lebih penting daripada pergi ke posyandu.
- Hambatan transportasi atau lingkungan seperti air rob yang menggenangi wilayah Muktiharjo Kidul sehingga ibu–ibu malas pergi ke posyandu.
- Faktor di provider :
- Terlalu mengejar target
- Birokrasi
- Perbedaan provider dan masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar